King Marketer

Berani Beda Itu Baik!

Berani Beda Itu Baik!

Jum'at, 05 Desember 2014 Home

Membuka bisnis berarti sama saja kita harus siap menghadapi persaingan dalam menarik perhatian calon pembeli. Jangan pernah takut unutk memulai bisnis, karena setiap bisnis pasti akan direncanakan terlebih dahulu. Untuk dapat bertahan di dalam persaingan maka kita harus memiliki nilai lebih, salah satunya adalah perbedaan.

Seperti yang banyak mentor bisnis katakan, bisnis yang baik adalah bisnis yang direncanakan, dijalankan, dan memiliki fokus tujuan yang spesifik. Fokus yang dapat kita ambil adalah perbedaan bisnis yang kita miliki dengan bisnis lainnya yang sudah ada sebelumnya.

Mana yang lebih mudah ditemukan saat datang ke acara pesta? Seseorang yang berpakaian jas hitam atau seseorang yang menggunakan jas berwarna cerah? Tentu saja, orang dengan jas berwarna cerah diantara kerumunan orang-orang yang berpakaian jas berwarna hitam. Hal yang sama juga berlaku dalam bisnis anda ! Saat Anda memiliki perbedaan dengan bisnis-bisnis lainnya Anda pun akan lebih mudah mendapatkan pelanggan. Berikut adalah beberapa perbedaan yang dapat dijadikan kekuatan bisnis Anda.

1. Visual yang Berbeda

Penampilan visual adalah hal yang pertama kali diperhatikan oleh calon pembeli. Contoh yang mudah adalah saat kita membeli kue, kue yang dihias dengan cantik tentunya lebih ‘menarik’ mata meskipun resep dan jenis kuenya sama saja. Hal ini dapat diperkuat dengan ditambahkannya kemasan atau pembungkus yang unik. Penampilan produk Andapun menjadi penting.

2. Karyawan yang Berbeda

Miliki dan kembangkan karyawan yang berbeda dari yang lain. Karyawan yang berbeda, mungkin akan lebih mudah dimengerti melalui contoh sebagai berikut. Anda pergi dengan satu maskapai penerbangan tertentu. Nah di dalam pesawat selama perjalanan Anda akan menemukan pramugari dan pramugara dengan seragam, dandanan atau  ciri-ciri lain yang khas. Setiap beberapa saat Anda ditawarkan minuman ataupun cemilan.

3. Harga yang Berbeda

Setelah penampilan visual, harga adalah hal yang dipertimbangkan seseorang untuk membeli suatu produk. Harga yang Anda tetapkan bisa memiliki beberapa pilihan seperti : termahal, termurah, unik, dan lain sebagainya. Misalnya Anda menggunakan harga yang unik sesuai tanggal tertentu sehingga mendorong pembeli untuk membeli produk Anda selama masa promosi harga.

4. Cara Distribusi yang Berbeda

Saat produk Anda mulai dikenal luas di pasaran maka tidak tertutup kemungkinan semakin banyak orang akan mencari produk Anda. Jika Anda berhasil membuat sistem pendistribusian yang unik, calon pembeli pun akan menunggu-nunggu untuk dapat membeli produk Anda.

Misalnya saja seperti produk keripik yang dijual secara bergerilya. Hal ini sudah terbukti membentuk rasa antusias di kalangan pembeli karena tidak hanya barang yang didapatkan tetapi juga pengalaman menemukan penjual yang bergerilya.

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Langganan

Kategori

Artikel Populer

Tips Sukses Menjadi Solopreneur
Tips Sukses Menjadi Solopreneur
Jum'at, 05 Desember 2014
7 Langkah Memenangkan Persaingan Bisnis (Bagian 1)
Berani Beda Itu Baik!
Berani Beda Itu Baik!
Jum'at, 05 Desember 2014

Event Terdekat

Tidak Ada Event Terdekat